No. 1 Cara Paling Efektif Membasmi Rayap

cara membasmi rayap

Cara Efektif Menyingkirkan Rayap

Apakah Anda memiliki masalah dengan rayap di rumah atau mencari cara efektif membasmi rayap? Rayap dapat merusak konstruksi rumah dan furnitur Anda dalam waktu yang cukup cepat dan tanpa disadari. Terkadang ketika Anda mulai menyadari keberadaan mereka, hal itu sudah terlambat karena mereka sudah terlanjur banyak merusak rumah Anda.

Pada artikel ini kami membagikan beberapa informasi yang menunjukkan berbagai tanda peringatan keberadaan rayap yang dapat Anda temukan di rumah Anda, dan metode yang dapat Anda gunakan untuk mengendalikannya.

Menyingkirkan rayap

Tanda Peringatan Infestasi Rayap
Jika Anda melihat tanda-tanda peringatan rayap berikut ini, kemungkinan besar rumah Anda penuh dengan rayap. Ada tanda-tanda lain juga, tetapi ini adalah yang paling umum, dan Anda dapat dengan mudah mendeteksi mereka.

Kayu yang keropos: Seperti semua hama lain, rayap juga lebih suka lingkungan yang lembab dan daerah gelap untuk hidup. Karena itu, mereka tidak memakan permukaan kayu, dimana mereka dapat dengan mudah dilihat oleh mata manusia. Bahkan jika rayap memakan kayu dari dalam, permukaan kayu mungkin terlihat halus dan tidak rusak.

Saat Anda mengetuk kayunya dan terdengar hampa (berongga), maka rayap bisa memakan kayunya dari dalam.

Sisa-sisa sayap laron: Laron (rayap reproduksi) terbang untuk membuat koloni baru. Biasanya rayap tanah berkerumun di musim penghujan, sedangkan rayap kayu sulit diprediksi. Jika Anda melihat segerombolan serangga atau tumpukan sayap yang dibuang di dekat pintu dan jendela atau menemukannya di jaring laba-laba, maka itu adalah tanda yang jelas tentang kedatangan rayap di rumah Anda.

Terowongan Lumpur: Rayap memiliki pusat sarang di bawah tanah, dan mereka membangun terowongan lumpur di sepanjang arah menuju bangunan untuk menghubungkan sumber makanan mereka dengan koloni rayap di dalam tanah. Terowongan ini mungkin mengandung partikel lumpur bersama dengan material tinja. Terowongan lumpur ini adalah bukti nyata keberadaan rayap.

Kotoran Rayap: Rayap menghasilkan busa ketika mereka memakan kayu. Jadi, jika Anda menemukan busa keluar dari dinding, furnitur, atau kayu, maka sudah waktunya untuk melakukan sesuatu, karena di rumah Anda sudah ada rayap.

Lubang-lubang: Kadang-kadang lubang juga dapat ditemukan pada perabotan jika rayap memakannya bersama dengan cat yang rusak.

Aroma Lembab: Jika serangan rayap sangat tinggi maka Anda juga bisa merasakan aroma lembab dari furnitur kayu yang penuh dengan investasi rayap.

tanda keberadaan rayap
Ciri umum keberadaan rayap adalah adanya terowongan tanah

Tips rumah untuk mengatasi Rayap sendiri

  1. Gunakan Larutan Lidah Buaya

Aloe Vera mampu membunuh rayap ketika mereka melakukan kontak dengannya.
Tumbuk tanaman Aloe Vera, dan tuangkan air secukupnya sampai terendam penuh. Tapi, jangan tambahkan terlalu banyak air karena akan mengurangi konsentrasi dan efek membunuh. Kemudian semprotkan cairan ini langsung ke mereka.

  1. Sodium Chloride untuk Membunuh Rayap

Semprotkan larutan natrium klorida pada area yang terinfeksi. Anda juga bisa merendam beberapa bola kapas dan letakkan di dekat mereka. Ini akan membunuh hama ini, dan mencegah mereka datang lagi.

  1. Cegah Rayap Dengan Petroleum Jelly

Ada banyak krim minyak kayu yang tersedia yang dapat Anda gunakan, tetapi kebanyakan orang lebih suka petroleum jelly (vassline). Gosokkan petroleum jelly pada perabotan kayu. Biarkan selama 1-2 hari hingga kering, lalu gunakan kain lembut untuk memolesnya. Dengan memoles petroleum jelly, hama-hama kecil ini tidak akan menyerang furnitur.

  1. Gunakan Sinar Matahari

Rayap mati ketika mereka terkena sinar ultraviolet matahari karena mereka sangat rentan terhadap sinar matahari. Jadi, mengekspos rayap terhadap sinar matahari adalah cara yang baik untuk membunuh mereka. Jadi, Anda harus memindahkan furnitur Anda di tempat yang terkena sinar matahari dan meletakkannya di sana selama 3-4 hari untuk memastikan bahwa semua rayap mati.

  1. Gunakan Kotak Karton Basah

Rayap memakan selulosa, dan itu ada dalam benda-benda kayu termasuk furnitur Anda, dan dan benda yang mengandung selulosa lainnya, itulah sebabnya mereka menyerangnya. Selulosa juga ada di dalam kardus sehingga memiliki aroma kayu. Basahi beberapa lembar kardus dan letakkan karton basah tersebut di dekat tempat yang dicurigai terdapat serangan rayap. Rayap dan koloni akan tertarik dan memakan kardus, ketika mereka berkumpul di kardus tersebut Anda bisa mengambil dan membakarnya untuk membunuh semua rayap.

  1. Pengobatan dengan Rayap Minyak Jeruk

Minyak jeruk berasal dari ekstrak kulit jeruk yang tidak larut dalam air. Minyak jeruk mengandung D-limonene yang dapat membunuh rayap dan memiliki toksisitas rendah. Anda dapat menggunakan minyak jeruk dengan cara menyuntikkan ke tempat yang penuh rayap, atau  bisa menyemprotkannya di permukaan. Ketika rayap kontak dengan minyak, mereka akan mati. Gunakan minyak jeruk setiap beberapa hari sekali untuk menyingkirkan rayap sepenuhnya.

  1. Gunakan Temperatur untuk Membunuh Rayap

Rayap tidak dapat hidup di suhu ekstrem; oleh karena itu Anda dapat mematikan rayap dengan menaikkan atau menurunkan suhu. Anda dapat menggunakan hairdryer atau air panas untuk membunuh mereka dengan panas, atau Anda dapat menggunakan nitrogen cair untuk menciptakan kondisi yang lebih dingin.

  1. Pembunuh Rayap Asam Borat

Asam Borat adalah kekuatan putih yang dapat digunakan sebagai insektisida. Zat ini merusak sistem saraf mereka dan membunuh mereka. Asam borat juga dapat digunakan untuk membunuh kecoak dan semut .

Campur asam borat dengan air dan oleskan pada permukaan kayu menggunakan kuas di mana Anda telah menemukan rayap. Saat menggunakan asam borat, disarankan untuk memakai masker dan sarung tangan karena menghirup atau memakannya bisa berbahaya bagi manusia.

  1. Pemusnahan Rayap Microwave

Anda dapat menggunakan gelombang mikro untuk menciptakan suhu tinggi untuk membunuh rayap. Jika Anda tidak memiliki microwave maka Anda dapat menyewanya. Efisiensi metode ini hingga 90%.

Namun metode ini hanya berlaku untuk benda-benda kayu yang dapat ditempatkan ke dalam microwave. Panaskan benda-benda kayu selama sekitar 15-30 menit, dan tidak perlu mengebor lubang di dalamnya.

  1. Cuka dengan Jus Lemon Obat rumahan untuk membunuh rayap

Ambil setengah cangkir cuka dan jus lemon. Campurkan dengan benar, dan tuangkan ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan campuran di mana Anda menemukan rayap dan pintu masuknya. Juga semprotkan pada permukaan dan furnitur kayu di mana Anda mencurigai keberadaannya. Campuran ini akan meresap melalui celah, lubang dan akan membunuh rayap.

  1. Semprotkan Insektisida

Anda juga dapat menggunakan insektisida seperti Baygon, Hits, Vape, dsb. Produk-produk tersebut dijual di toko kelontong. Produk ini terdiri dari insektisida cair yang dikeluarkan dari kaleng aerosol bertekanan.

Ketika menekan tombol penutup kaleng, produk akan menyebarkan kabut insektisida di udara yang jatuh di lantai dan benda-benda lain yang terpapar padanya. Ketika serangga dan rayap bersentuhan dengannya mereka mati. Namun insektisida yang digunakan dalam produk tidak menembus kayu dan karenanya tidak dapat mencapai sarang mereka. Jadi, kontak langsung diperlukan untuk membunuh rayap.

Menghirup insektisida berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan; oleh karena itu Anda harus memiliki pengetahuan yang tepat sebelum menggunakannya di rumah Anda dengan membaca cara penggunaan pada label kemasan.

  1. Minyak Atsiri dapat membunuh rayap

Ada banyak jenis minyak atsiri yang membunuh dan mengusir rayap seperti minyak cengkeh, minyak akar wangi, minyak jeruk, minyak pohon teh, dll. Minyak ini dapat disemprotkan langsung pada rayap atau diaplikasikan dengan kekuatan penuh pada kayu.

Gunakan minyak ini dengan menambahkannya ke air, tetapi menambahkan terlalu banyak air dapat menurunkan konsentrasinya dan pengaruhnya akan berkurang. Kuaskan minyak setiap beberapa hari untuk perawatan.

Menurut Journal of Pharmacognosy dan Phytotherapy, sebagian besar minyak atsiri dipercaya memiliki efek neurotoksik pada serangga. Telah diamati bahwa minyak kelas terapeutik memberikan hasil terbaik.

  1. Gunakan Nematoda Parasit untuk Kontrol Rayap

Nematoda parasit adalah cacing kecil yang memakan makhluk mikroskopis seperti jamur dan bakteri. Namun, beberapa kelompok nematoda parasit lainnya memakan rayap , yang dapat digunakan sebagai senjata ampuh. Anda dapat menemukan nematoda parasit di toko online atau di beberapa toko pestisida.

  1. Rayap membutuhkan kelembaban untuk tumbuh

Diketahui bahwa populasi rayap tumbuh di daerah yang kaya kelembaban. Jadi Anda dapat mengurangi pertumbuhan atau kemungkinan rayap di masa depan dengan menghilangkan kelembaban. Untuk itu, Anda dapat memperbaiki area yang rentan kelembaban, kebocoran dll.

  1. Bubuk Diatom membunuh Rayap

Tanah diatom (Diatomaceous Earth) adalah endapan sedimen yang lunak dan berpori, atau bisa dibilang diproduksi secara alami yang terbentuk dari sisa-sisa fosil diatom. Tanah diatom menembus lapisan exeleteletites dari rayap dan membunuh mereka dengan mengakibatkan dehidrasi pada tubuh mereka. Tuangkan tanah diatom di atas gundukan rayap dan di mana pun Anda menemukannya.

  1. Gunakan Boraks untuk Mengontrol Rayap

Borax juga dikenal sebagai Sodium Borate, mampu membunuh rayap dengan mematikan sistem saraf mereka dan menciptakan dehidrasi.

Jadi jika seseorang bertanya kepada Anda, apakah boraks dapat membunuh rayap? Jawabannya adalah, Ya, boraks dapat membunuh rayap secara efektif .

Lapisi area yang penuh rayap dengan bubuk boraks, Anda juga bisa menyemprotkan larutan boraks yang akan dibentuk dengan melarutkannya dalam air. Ulangi prosedur ini selama beberapa hari untuk membunuh seluruh koloni.

  1. Panggil Jasa Profesional

Jika serangan rayap di rumah Anda terlalu besar maka memanggil jasa profesional mungkin merupakan cara terbaik untuk menyingkirkan rayap. Menyewa seorang profesional untuk kontrol rayap adalah ide yang bagus karena mereka dapat melakukan tugas dengan lebih mudah dan cepat daripada kita yang menangani sendiri.

    • Menghemat Waktu

Seorang profesional memiliki segala pengetahuan yang perlu disingkirkan dari hama ini. Karena itu mereka melakukan hal-hal langsung yang diperlukan. Mereka juga memberikan hasil yang lebih cepat dan akurat daripada metode rumahan.

    • Keamanan

Profesional tahu pestisida mana yang harus digunakan, dan bagaimana menggunakannya sehingga tidak akan membahayakan orang, hewan peliharaan, dan rumah.

    • Hapus Penyebab 

Membunuh rayap tidak cukup sampai Anda menghancurkan koloninya. Profesional mengetahui akar penyebab rayap, dan juga tahu cara membunuh setiap rayap yang ada di rumah Anda.

    • Perawatan Lengkap

Profesional Pengendalian Hama melakukan perawatan lengkap yang mencakup menghilangkan semua jenis hama berbahaya di rumah Anda dari setiap lokasi.

Berapa biaya perawatan rayap?
Di Indonesia, sebagian besar pemilik rumah menghabiskan sekitar 35.000 – 70.000 Rupiah per meter persegi untuk menggunakan jasa anti rayap dari perusahaan pest control profesional. Dengan demikian rata-rata biaya terendah adalah sekitar Rp. 3.500.000,-

Tetapi berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk perawatan rayap di rumah Anda tergantung pada banyak faktor seperti luas rumah Anda, tingkat serangan rayap, jenis rayap, metode mana yang digunakan, dll.

Kata-kata penutup
Obat rumahan yang disebutkan di atas untuk pengobatan rayap sangat bermanfaat dalam banyak kasus. Tetapi, terkadang infestasi rayap yang terlalu besar dan banyak sehingga Anda tidak punya pilihan untuk mengambil bantuan seorang profesional.

Jadi, apakah Anda menyingkirkan rayap? Apakah Anda menerima bantuan profesional? Apa pengalaman Anda dalam menangani hama ini?

Halo, ada yang bisa Kami bantu?
Powered by