Jenis Tikus Di Rumah, Di Indonesia No 4 Juga Sering Dikira Tikus

jenis tikus di rumah

Selain nyamuk dan kecoa, permasalahan hama yang juga sering ditemukan di lingkungan manusia adalah tikus. Namun tahukah Anda jika tikus di rumah ternyata terdiri dari beberapa macam jenis?

Jika dilihat sepintas semua bentuk tikus memang hampir serupa. Namun jika diperiksa dengan lebih cermat, setiap tikus memiliki perbedaan dan terbagi menjadi beberapa spesies. Baca juga : tanda-tanda ada tikus di rumah.

Jenis Tikus Di Rumah

Setidaknya di Indonesia ada 3 jenis tikus yang paling mudah ditemukan di lingkungan perumahan, di antaranya adalah tikus mencit, tikus atap, dan tikus got.

Berikut penjelasan selengkapnya.

Tikus Mencit ​

Tikus rumah atau mencit (Mus musculus) merupakan jenis tikus dengan ukuran tubuh yang kecil.

Ukuran tubuh mereka sekitar 5,5 – 8-5 Cm dengan ciri ekor yang lebih panjang dibandingkan tubuhnya.

tikus mencit

Jenis ini paling mudah dijumpai di rumah-rumah, dan diduga sebagai mamalia dengan populasi terbesar kedua di dunia setelah manusia.

Mencit sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia, bahkan jumlah mereka di alam liar diperkirakan jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah yang ada di lingkungan manusia.

Tikus Atap

Tikus atap (Rattus rattus) merupakan spesies tikus yang paling pandai memanjat. Merekalah yang suka berlari-larian di atap rumah dan menyebabkan suara gaduh yang mengganggu kenyamanan tidur Anda.

tikus atap

Tikus atap berukuran 15-20 Cm dengan panjang ekor sekitar 20 Cm, atau sama dengan panjang tubuhnya. Umumnya mereka memiliki bulu berwarna hitam atau coklat kelabu.

Tikus atap memiliki kemampuan berkembang biak yang sangat cepat. Seekor tikus betina mampu beranak sekitar 3 sampai 10 ekor per kelahiran. Dan mereka bisa beranak kapan saja, tanpa mengenal musim.

Jadi jangan heran jika di atap rumah Anda yang semula tidak ada tikus, tiba-tiba jadi ada banyak tikus.

Tikus Got

tikus got

Tikus got (Rattus norvegicus) adalah jenis tikus yang paling umum dijumpai di daerah perkotaan. Sesuai dengan namanya, mereka memiliki kebiasaan yang suka berkeliaran di sekitar saluran pembuangan limbah atau selokan (got).

Tikus got memiliki ciri ukuran tubuh yang besar, dengan panjang tubuh sekitar 15 hingga 25 Cm. Memiliki ciri ekor yang lebih pendek jika dibandingkan panjang tubuhnya. Memiliki tekstur bulu yang kasar dan berwarna hitam kelabu.

Celurut Rumah

Celurut rumah (Suncus murinus) sebenarnya bukanlah termasuk spesies tikus, namun karena bentuknya yang mirip tikus sehingga sering kali dikira tikus atau bahkan dinamakan sebagai tikus curut.

celurut tikus curut

Celurut memiliki ciri khas yaitu mengeluarkan bau busuk yang dihasilkan dari kelenjar yang ada di bagian tengah tubuhnya.

Celurut rumah sering terlihat di sekitar dapur dan tempat sampah, mereka memakan serangga dan remah-remah makanan yang tercecer disana. Meski keberadaannya tidak disukai banyak orang, namun celurut sebenarnya membantu mengurangi populasi serangga di lingkungan rumah.

Cara Membasmi Tikus Rumah

Itulah beberapa jenis tikus yang sering berkeliaran di rumah dan bangunan lainnya di Indonesia. Dari beberapa jenis tikus di atas, mana yang paling Anda keluhkan?

Jika Anda memiliki masalah tikus di rumah, silahkan simak beberapa tips cara membasmi tikus di link berikut, atau jika tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya Anda bisa menghubungi jasa pembasmi tikus profesional dari Petrokil Pest Control di nomor 0821-36 888-555.

Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis seputar permasalahan tikus atau pengendalian hama lainnya.

Baca Artikel Terkait

Pelajari juga artikel tentang pengendalian hama lainnya.

5/5 - (20 votes)

Tinggalkan Balasan

Petrokil Pest Control